SELAIN ASI, AIR KELAPA ADALAH MINUMAN TERBAIK KEDUA BAGI BAYI

Ketika bayi sudah menuntaskan perjalanan ASI eksklusif selama 6 bulan, saatnya si kecil sudah mampu berkenalan dengan beragam makanan dan minuman lainnya. Salah satu jenis minuman yang disarankan adalah air kelapa untuk bayi, karena merupakan minuman yang terbaik kedua bagi si bayi. Meskipun demikian, para ibu juga harus mengetahui bahwa sebaiknya hanya memberikan air kelapa untuk bayi ketika si bayi sudah berumur 6 bulan keatas. Jumlah air kelapa yang diberikan pada bayi juga harus sewajarnya jangan terlalu berlebihan diberikan kepada si bayi.

Pada air kelapa mengandung monolauren yang merupakan zat dari asam laurat yang mampu membantu si bayi membangun kekebalan tubuhnya dan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan. Jadi itulah yang menjadikan air kelapa merupakan minuman terbaik kedua setelah ASI yang sangat di rekomendasikan karena memiliki manfaat yang sangat melimpah.

Berikut beberapa manfaat air kelapa bagi bayi seperti :

1. Sumber energi
Air kelapa merupakan salah satu sumber energi yang sangat di perlukan oleh si bayi dalam masa pertumbuhannya, air kelapa ini bisa dijadikan salah satu pilihan yang diberikan kepada si bayu sebagai penambah energi secara instan. Namun air kelapa ini tetap saja bukan menjadi pengganti ASI, ai kelapa hanya sebagai tambahan formula saja.

2. Membantu melindungi tubuh dari penyakit
Kandungan monolaurin yang ada pada air kelapa di percaya dapat membantu dan melindungi si bayi dari berbagai penyakit, bahkan air kelapa juga kerap di gunakan sebagai minuman alternatif ketika si bayi sedang terkena flu.

3. Mencegah dehidrasi
Air kelapa juga dapat mencegah dehidrasi pada bayi, anak-anak sampai orang dewasa juga. Air kelapa merupakan salah satu jenis cairan yang paling murni dan hampir sama dengan air putih. Selain itu kandungan pada air kelapa juga mengandung mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

4. Mengatasi masalah pencernaan
Bagi bayi yang baru masuk ke tahap MPASI sangat rentan mengalami muntah, mual sampai diare, hal itu terjadi karena sedang beradaptasi dengan hal-hal yang baru dalam pencernaan si bayi. Maka solusinya mengkonsumsi air kelapa itu sangat baik untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan saat pencernaan si bayi sedang bermasalah.

5. Mengatasi konstipasi
Memang sudah menjadi hal yang wajar ketika bayi sedang ASI itu jarang BAB, namun konstipasi ini bisa membuat si bayi merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa memberikan air kelapa karena mengandung serat dan ekletrolit.

Dari banyaknya manfaat yang bisa di dapatkan dari air kelapa pada bayi, namun bagi para ibu juga harus lebih hati-hati saat memberikan minuman ini karena sistem pencernaan si bayi tergolonf masih sangat sensitif dan tentunya akan mengalami alergi. Selain mengkonsumsi secara langsung, air kelapa jiga bisa dijadikan sebagai bahan campuran menu MPASI yang bisa di berikan kepada si bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *