4 Tips Memenuhi Asupan Nutrisi Selama Bulan Puasa

Tips memenuhi asupan nutrisi selama menjalani bulan puasa ini dapat anda lakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Meskipun harus menahan lapar dan haus dari pagi sampai sore, orang yang bepuasa harus memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya.

Sebetulnya tidak begitu susah untuk mencukupi kebutuhan gizi pada saat berpuasa. Anda hanya perlu untuk memastikan menu makanan yang di konsumsi saat sahur dan berbuka memiliki kandungan karbohidrat, lemak, vitamin, protein dan mineral.

Cara Memenuhi Asupan Nutrisi Selama Bulan Puasa

• Nasi Merah
Nasi merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Karbohidrat akan berubah menjadi glukosa dan bekerja sebagai energy. Akan tetapi pelepasan energy bekerja secara perlahan karena karbohidrat yang di cerna lebih lambat oleh tubuh. Bukan cuman hanya nasi merah saja, karbohidrat komplek juga bisa di dapatkan pada kacang- kacangan, oat, buncis, ubi manis, brokoli dan yang lainnya.

• Air Putih
Asupan air putih harus benar- benar di perhatikan selama menjalani puasa agar anda tidak merasa kehausasn di siang hari. Pastikan anda selalu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Anda juga bisa minum segelas air putih saat baru bangun sahur, segelas setelah makan sahur, segelas sebelum subuh. Kalau bisa hindari minum kopi atau teh pada saat sahur. Minuman ini memiliki sifat diuretic dan dapat membuat anda sering ingin buang air kecil. Pada akhirnya anda akan lebih mudah haus pada siang hari.

• Daging dan Protein Lainnya
Protein seperti daging sapi, ayam, hati, telur tahu, tempe, udang dan juga ikan bisa membantu tubuh anda dalam memperbaiki kerusakan jaringan. Anda juga bisa memilih jenis protein yang lebih sehat seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit atau bahkan ikan salmon.

• Berbuka Puasa Dengan Kurma
Cara untuk memenuhi asupan nutrisi selama menjalani bulan puasa ini adalah dengan mengkonsumsi kurma. Kurma sangat muda untuk di cerna dan bisa untuk mengurangi rasa lapar sehingga dapat membantu anda mencegah makan yang berlebihan saat berbuka. Buah ini kaya akan gula dan energy, dan juga dapat mencegah gangguan pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *